10 Desember 2021 5:29 pm

Tim Debat STEI SEBI Raih Juara 1 Dalam 2 Kompetisi Debat Nasional

Tim Debat STEI SEBI Raih Juara 1 Dalam 2 Kompetisi Debat Nasional
SEBI Social Fund – Sebagai negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di dunia, muslim Indonesia dapat memberikan peran terbaiknya dalam ekonomi dan keuangan syariah. Poin tersebut kemudian menjadi motivasi bagi tim debat STEI SEBI untuk mengikuti kompetisi nasional yang diselenggarakan oleh HIMA IEKI UPI. Mereka adalah Arif, Lisa Nurhanifah, dan Irfaul Risqoh Al Rieza.

Ketiganya yang merupakan penerima beasiswa SDM Ekspad menyampaikan mosi bahwa ekonomi syariah lebih unggul dijadikan solusi bagi permasalahan ekonomi saat ini dibandingkan dengan ekonomi konvensional.

Menurut ketiganya, penerapan ekonomi syariah dapat berkembang pesat di Indonesia walaupun belum menerapkan Islam secara Kaffah dalam sistem pemerintahan. Atas hal tersebut ketiganya berhasil menyabet juara pertama dalam kompetisi nasional ini.
Persiapan lomba yang ini hanya H-1 dan disaat yang sama saya dan tim mengikuti lomba yang lain.” Ujar salah satu anggota tim.

Dalam waktu yang bersamaan mereka bertiga mengikuti kompetisi debat yang diselenggarakan oleh UPN Veteran Jakarta. Dimana, ketiganya lagi-lagi berhasil menyabet juara pertama dengan topik “Bangkitnya Kreativitas dan Produktivitas Generasi Z Ditengah Pandemi Covid-19 Menuju Generasi Emas Indonesia”.

Lisa Nurhanifah, salah satu anggota debat menyampaikan terdapat hal unik dalam kompetisi debat kali ini. “Ada cerita unik dan unforgettable banget buat saya dan tim ketika dua lomba yang kami ikuti ternyata masuk final dua-duanya dan pelaksanaan final dihari dan waktu yang bersamaan. Awalnya saya dan tim pesimis dan khawatir tidak bisa handle keduanya. Namun, atas izin Allah SWT, final diwaktu yang bersamaan yang hanya selang beberapa menit saja saya dan tim meraih juara satu dikedua lomba tersebut. Alhamdulillah.” Ungkapnya dalam wawancara yang dilakukan via Whatsapp.

Ketiganya menyampaikan kemenangan tersebut tidak terlepas dari persiapannya, yaitu banyak membaca jurnal ilmiah, artikel, latihan berbicara didepan kaca, dan menjadikan waktu presentasi di kelas sebagai latihan percaya diri. Kemudian diiringi motivasi untuk membangun mental berani berpendapat dan percaya diri, berpikir kritis, inovatif, dan menambah relasi dari berbagai universitas di Indonesia. (hij)
Blog Post Lainnya
Kontak Kami Melalui:
(0251) 8616655
+62821-3497-2462
ssf@sebi.ac.id
Jl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517
Ikuti Kami Melalui:
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2022 Sebi Social Fund Inc.