21 September 2021 10:40 am

Raih Juara 1 Kompetisi Essay Nasional, Mahasiswi STEI SEBI Angkat Potensi Wakaf Produktif di Indonesia

Raih Juara 1 Kompetisi Essay Nasional, Mahasiswi STEI SEBI Angkat Potensi Wakaf Produktif di Indonesia
SEBI Social Fund – Wakaf merupakan instrumen dalam ekonomi islam yang memiliki potensi tinggi guna meningkatkan kemaslahatan umat. Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar didunia, penggunaan wakaf produktif menjadi sangat potensial dan diperhitungkan di Indonesia. Hal ini pulalah yang memantik salah seorang mahasiswi STEI SEBI, Maryam Kamila untuk mengangkat potensi tersebut sebagai judul dan permasalahan dalam essay yang dilombakannya.

Dalam kompetisi essay yang diadakan oleh UIN Sunan Ampel Surabaya yang mengangkat tema besar “Peran Filantropi Sebagai Momentum Kebangkitan Ekonomi Di Era Pandemi”, Maryam turut berkontribusi dan menjadi juara 1 dalam kompetisi. Mengambil permasalahan dan judul “Fintech Wakaf Produktif Kelautan Sebagai Solusi Pemulihan Ekonomi Dimasa Pandemi”, beliau menyatakan bahwa potensi wakaf produktif di Indonesia cukup besar. Mengingat Indonesia juga merupakan negara maritim yang hasil lautnya juga cukup besar terutama pada hasil rumput laut. Pengalokasian wakaf uang yang dimanfaatkan sebagai wakaf produktif menurutnya sangat berpotensi bagi perekonomian dan masyarakat Indonesia dengan mengutip potensi dari Badan Wakaf Indonesia (BWI) sebesar 180 triliun.

Mahasiswi penerima beasiswa SDM Ekspad ini juga memberikan tips agar essay menjadi menarik dan berpotensi besar untuk menang. Menurutnya, juri lebih menyukai essay dengan bentuk yang berinovasi dan memiliki prototype. Serta memiliki objek yang memiliki potensi besar di Indonesia seperti UMKM, sektor kelautan, sektor pertanian, dan lainnya.
“Dan yang paling penting adalah masalah (problem) nya itu harus jelas dan benar-benar penting untuk disolve.” (hij)
Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami Melalui:
(0251) 8616655
+62821-3497-2462
ssf@sebi.ac.id
Jl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517
Ikuti Kami Melalui:
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 Sebi Social Fund Inc.