5 Januari 2023 5:50 pm

Peduli Masalah Stunting, Mahasiswa STEI SEBI Kembangkan Budidaya Maggot Melalui Implementasi Zakat

Peduli Masalah Stunting, Mahasiswa STEI SEBI Kembangkan Budidaya Maggot Melalui Implementasi Zakat
SEBI Social Fund - Permasalahan stunting di Indonesia menjadi hal yang serius ketika Pemantauan Status Gizi (PSG) tahun 2016 mencapai angka 27,5%. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) masalah kesehatan masyarakat suatu negara dianggap kronis apabila prevalensi stunting mencapai lebih dari 20%.
Stunting sendiri merupakan suatu kondisi kurang gizi serius yang ditandai dengan pertumbuhan badan yang pendek, rentan terhadap penyakit, dan memiliki tingkat kecerdasan di bawah normal. Kasusnya di Indonesia sendiri menunjukkan 1 dari 3 balita menderita stunting.
Berangkat dari permasalahan tersebut, mahasiswa STEI SEBI tergerak untuk memberikan solusi bagi permasalahan stunting di Indonesia lewat essay yang berjudul “Budidaya Maggot (Black Soldier Fly) Melalui Model Implementasi Zakat Produktif Guna Atasi Stunting di Indonesia” lewat ajang Sharia Young Leader Summit 2022 yang diselenggarakan oleh Bank Syariah Indonesia dan BSI Maslahat. Mereka adalah Alvi, Arif, Shalahudin, dan Riva.
Skema sederhana dari budidaya maggot dan implementasi zakat produktif dimulai dari menjadikan maggot yang sudah mati sebagai pakan bagi ayam petelur dan lele yang ternaknya dikelola oleh para dhuafa (mustahik) disekitar lembaga zakat dengan tujuan pemberdayaan agar mereka mampu mendapatkan penghasilan. Ayam yang mengkonsumsi maggot akan menghasilkan telur yang berprotein tinggi dari telur ayam pada umumnya. Kemudian telur tersebut dibagikan secara gratis oleh lembaga zakat kepada penderita stunting.
Blog Post Lainnya
Kontak Kami Melalui:
(0251) 8616655
+62821-3497-2462
ssf@sebi.ac.id
Jl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517
Ikuti Kami Melalui:
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2023 Sebi Social Fund Inc.