9 Agustus 2021 2:39 pm

Libur Produktif, Mahasiswa STEI SEBI Kembali Menjuarai Lomba KTI Tingkat Universitas

Libur Produktif,  Mahasiswa STEI SEBI  Kembali  Menjuarai Lomba KTI  Tingkat Universitas
SEBI Social Fund – Menggandeng tagar #kampusnyaparajuara rupanya bukan hanya menjadi penyegar tampilan saja. Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya 3 mahasiswa STEI SEBI sebagai juara 2 lomba Karya Tulis Ilmiah Management Competition Season II, Universitas Galuh. Mereka adalah Maryam Kamila (Prodi Manajemen Perbankan Syariah), Jajang (Prodi Akuntansi Syariah), dan Alinnisa Nur Fadilah (Prodi Akuntansi Syariah) yang merupakan tim dalam lomba ini.

“Ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti lomba jenis ini. Masya Allah, Alhamdulillah langsung dapet 2 pengalaman. Pengalaman pertama yaitu ikut lombanya, pengalaman kedua menang lombanya. Semoga dengan pengalaman yang baru didapet ini ga membuat diri saya merasa puas buat mencoba pengalaman baru dan buat teman-teman yang lain semoga jadi termotivasi untuk mencoba sesuatu yang baru.” Ungkap Alinnisa Nur Fadilah dalam wawancara yang dilaksanakan via whatsapp.

Tidak hanya itu, dalam wawancara yang dilakukan via daring ini mereka juga membagikan beberapa tips dalam mengikuti lomba karya tulis ilmiah. Diantaranya :
1. Mencari ide yang relevan dengan tema. Dalam esai, usahakan mencari ide yang berupa usulan atau inovasi karena ide seperti itulah yang biasanya diminta dalam tema lomba. Untuk mencari ide ini bisa dengan melakukan Baca-Diskusi-Tulis (BDT).
2. Membaca referensi sebagai bahan untuk menemukan ide.
3. Setelah mendapatkan ide, diskusikan terlebih dahulu dengan teman, dosen, ataupun mentor. Agar ide yang nantinya akan dimunculkan bukan merupakan ide yang sudah banyak dibahas dan tidak merasa bahwa ide yang telah dibuat adalah yang paling segar
4. Langkah selanjutnya adalah membuat kerangka penulisan. Dari mulai pendahuluan, isi, dan penutup. Tentukan apa hal yang akan dibahas hingga kepada masing-masing paragraph.
5. Setelah esai itu jadi, coba review kembali secara menyeluruh. Perbaiki kesalahan minor dan minta review kembali kepada teman, dosen, ataupun mentor.

“Sebenernya tipsnya kayak biasa aja. Tipsnya adalah DUIT. Berdoa dan berusaha dengan ikhlas. Kemudian tawakkal. Jika gagal jangan lantas menyerah. Habiskan jatah kegagalan sampai bertemu kemenangan.” Ungkap Jajang.

Mengambil judul “Galuh Tourism Apps : Aplikasi Terintegrasi Bagi Pariwisata Ciamis Dengan Konsep Pentahelix Guna Meningkatkan Perekonomian Daerah” para pemegang juara ini tidak berhenti mengucapkan rasa syukurnya dan menghimbau kepada para mahasiswa untuk menggunakan kesempatan yang ada dengan mencoba pengalaman baru. (hij)
Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami Melalui:
(0251) 8616655
+62821-3497-2462
ssf@sebi.ac.id
Jl. Raya Bojongsari, Pondok Rangga, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16517
Ikuti Kami Melalui:
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 Sebi Social Fund Inc.